Skip to main content

Cara Menggunakan App Inventor Online Dan Offline

App Inventor ?
Jawab : App Inventor adalah aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android, yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi kita bisa membuat aplikasi tanpa kode satupun. Mengapa disebut visual block programming?, karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “block” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi –event handler tertentu dalam membuat aplikasi.

Kita tidak harus memiliki basic programmer, mengerti kode-kode atau berkecimpung dalam dunia teknologi informasi untuk membuat aplikasi dengan App Inventor. Bahkan App Inventor tidak hanya untuk membuat aplikasi, karena bisa digunakan untuk mengasah logika anda, sperti halnya menyusun sebuah puzzle. Untuk programmer tentu ada opsi-opsi advance untuk membuatnya sesuai dengan level kita.

Framework visual programming ini terkait dengan bahasa pemrograman Scratch dari MIT, yang secara spesifik merupakan implementasi dari Open Block yang didistribusikan oleh MIT Scheller Teacher Education Program yg diambil dari riset yang dilakukan oleh Ricarose Roque. App Inventor menggunakan Kawa Language Framework dan Kawa’s dialect – yg di develop oleh Per Bothner dan di distribusikan sebagai bagian dari GNU Operating System oleh Free Software Foundation sebagai Compiler yang mentraslate visual block programming untuk diimplementasikan pada platform Android. Tentu disini anda tinggal menikmati kemudahan yang ada. alu, apa yg bisa kita lakukan dengan App Inventor?, yang bisa kita lakukan dengan App Inventor adalah :

1. Just for fun
Katakanlah anda memiliki Handset Android, atau baru memasang virtual handset Android pada komputer anda, atau bahkan tidak sama sekali, App Inventor akan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan seperti halnya anda menyukai mengedit gambar, bermain puzzle, mengasah otak anda seperti mengisi TTS, atau belajar sebagai basis menguatkan kemampuan logika anda, semua terasa menyenangkan.

2.Learning tool
Entah anda seorang pelajar, mahasiswa, guru, dosen atau hobbist anda akan bisa menjadikan App Inventor sebagai tool belajar anda. Jika anda seorang guru atau dosen anda akan membuat App Inventor menjadi alat pengajar yang hebat, karena visualisasi akan mempermudah siswa memahami dan menguasai apa yg anda ajarkan.

3.Membuat aplikasi 
Mulai dari membuat prototype, aplikasi untuk kebutuhan pribadi & organisasi, atau aplikasi serius yang bisa anda jual.

Perbedaan App Inventor Versi Online dan Offline ?
Jawab  : Perbedaan antara versi yang online dengan offline adalah jika kita menggunakan App Inventor Versi Online kita membutuhkan koneksi Internet yang cukup tinggi minimal 100 kbps, sedangkan untuk versiOffline kita tidakmemerlukan koneksi internet.

Cara Menggunakan App Inventor Online ?
Untuk membuat aplikasi android menggunakan App Inventor bisa dilakukan melalui 2 cara, yaitu secara online dan offline. Kali ini saya akan membahas yang versi online terlebih dahulu. Selanjutnya untuk versi offline akan saya bahas setelah kita berhasil membuat sebuah apk secara online, menginstal dan menjalankannya pada smartphone android kesayangan kita.

Untuk membuat aplikasi secara online, dibutuhkan sebuah email berbasis Gmail. Jika anda belum memiliki akun di gmail, silahkan meluncur ke gmail.com dan buatlah akun gmail anda. Tetapi jika anda sudah memilikinya, silahkan melanjutkan membaca tulisan saya ini 
Untuk memulai App Inventor versi online, ikuti langkah berikut:

Bukalah browser anda dan ketikkan pada Address bar http://ai2.appinventor.mit.edu/
Jika anda belum login ke akun gmail anda, maka akan tampil halaman Login Gmail. Isikan Username dan password akun gmail anda, dan pilih tombol Sign In/Masuk.

Selanjutnya, Google akan menghubungkan akun anda dengan aplikasi MIT AppInventor Ver. 2


Klik tombol Allow/Injinkan, dan pada halaman “Terms of Service-MIT App Inventor Privacy Policy and Terms of Use” , pilih tombol Accept the terms of service. Maka, anda telah berhasil masuk ke halaman MIT App Inventor 2.


Klik I Accept the terms of service!

Pilih Take survey later, supaya anda bisa langsung memulai membuat aplikasi melalui App Inventor ini.



Selanjutnya pilih Continue pada kotak dialog “Welcome to App Inventor!”



Cara Menginstall App Inventor Offline ?

App Inventor versi Offline di Perbedaan antara versi yang online dengan offline adalah jika kita menggunakan App Inventor Versi Online kita membutuhkan koneksi Internet yang cukup tinggi minimal 100 kbps, sedangkan untuk versi Offline kita tidak memerlukan koneksi internet.
Berikut   langkah   -   langkah   install App   Inventor   Versi   Offline atau   bisa   disebut

Ai2LiveComplete,

Download Ai2LiveComplete!
http://sourceforge.net/projects/ailivecomplete/


Setelah proses download selesai, selanjutnya file Ai2LiveComplete.zip di-extract ke direktori C (Seperti Gambar dibawah ini)



Sebelum dilanjutkan kembali, pastikan komputer atau laptop anda sudah ter-install JDK.

Kalo belum ada atau belum anda install, Instal terlebih dahulu JDK.

Setelah    itu,    kita    atur    environment    variable JAVA_HOME untuk    menunjuk folder JDK yang sudah ter-install. Caranya adalah klik kanan pada My Computer di desktop, lalu klik Properties.
Selanjutnya klik Advanced system settings, yang dapat anda lihat seperti dibawah ini



Maka  akan  muncul  window System   Properties,  selanjutnya  klik Environment Variables



Maka  akan  muncul  jendela Environment  Variables,  kemudian  klik New… seperti gambar dibawah ini


Maka akan tampil jendela New User Variable, kemudian isi

Variable name : JAVA_HOME

Variable      value : C:\Program      Files\Java\jdk      1.7.0 atau      alamat dimana JDK kita ter-install lengkapnya seperti gambar dibawah ini



Buka kembali folder Ai2LiveComplete, selanjutnya klik 2 kali pada WinStartAIServer.cmd



Maka akan muncul jendela cmd yang menandakan bahwa server AiLiveComplete sedang dijalankan seperti gambar dibawah ini



Langkah    Berikutnya    buka    web    browser.    Lalu    ketikan    di    kotak    address http://localhost:8888, Maka akan tampil seperti dibawah ini. Silakan isi email yang kita miliki atau langsung klik Log In



Dan anda berhasil Login di App Inventor versi Offline. Tampilan yang anda lihat tidak jauh berbeda dengan tampilan App Inventor versi Online.



Selanjutnya kita coba buat project baru, klik New Project


Isikan nama project yang kita inginkan, misal TestOfline



Dan kita bisa langsung membuat aplikasi Android yang kita inginkan, cukup drag & drop komponennya, lalu drag & drop block events nya.


Apabila kita ingin menyimpan atau men-download file .apk dari project aplikasi android yang sudah dibuat. Langkah Pertama yang akan kita lakukan adalah, kita klik 2 kali file WinStartBuildServerWithHeap.cmd untuk   menjalankan   server   Build   nya pada cmd.



Selanjutnya   kembali   lagi   ke   browser   yang   sudah   membuka App   Inventor dan menampilkan project Android yang ingin di-download .apk nya.



Pada Menu  Bar,  klik Build,  lalu  pilih App  (save  .apk  to  my  computer) seperti gambar dibawah ini.

Maka  akan  tampil Progress  Bar yang  menandakan  bahwa  project  sedang  di-Build untuk menghasilkan .apk nya.



Apabila Progress Bar sudah menunjukkan 100% maka akan tampil tulisan “The APK file will be saved in download folder” yang berarti file APK sudah selesai di-Build dan siap untuk di-download.



Dan  apabila  kita  cek  di  cmd  yang  udah  kita  buka  sebelumnya  maka  terdapat tulisan INFO : BUILD 1 FINISHED yang berarti file APK sudah berhasil dibuat.



Secara otomatis akan langsung men-download seperti gambar di bawah ini.



Dan terakhir coba kita cek di direktori penyimpanan folder, file Test.apk siap untuk di- install di smartphone Android kita.



Demikianlah tutorial untuk menjalankan App Inventor versi Offline untuk mempermudah anda dalam membuat dan menyiapkan Aplikasi Android tanpa harus terkoneksi melalui Internet.

Comments

agustri said…
Nice artikel mas, saya baca-baca dan lagi mau nyoba download APP Inventor

Popular posts from this blog

Cara Pertama Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara pertama dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Dan beberapa game ada yang tidak bisa dengan cara pertama dan saya buat cara kedua silahkan dibaca disini . Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Buka Pangeran versi 1.rar ( 64 bit) atau versi 2.rar (32 bit) Copy ke installasi folder yang terdapat exe untuk menajalankan game copy semua disitu. Saya mencontohkan pada gambar yaitu untuk menjalankan game HMA.exe. Contoh Direktori Game F:\Games\Nama Folder Game\Game.exe Gambar 2 Penjelasan Gambar 2 Jalankan x360ce

Cara Kedua Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara kedua dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Perbedaan dari cara pertama yaitu pada settingan terdapat tambahan yang harus dilakukan. Cara kedua ini harus dilakukan ketika cara pertama gagal. Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Durazno v0.6-29 https://mega.nz/#!xgYBnIya!A6XafQKneIQ4mhCgwsvn6SuuY6sBxEixtvpTyBvOMPA Xbox360_64.exe https://mega.nz/#!885R2KDJ!z1yJyH03PStOQ4xJtNuyJDUZvbdstOskOEcsbPFd9rk Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs XOutput.v0.11.zip https://mega.nz/#!gtREDTSA!wIHO1JO4-bcWXUwAhGt69SWP-eR57z7NHRzgh8O3rxA Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Install Xbox360_64.exe

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick Cara Memainkan The Sims 4 City Living Dengan Stick PS Joystick Gamepad Just Copy To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\The Sims 4 City Living Contoh  : F:\Games\The Sims 4 City Living Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Text and Video First Way/Cara Pertama https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-pertama-cara-memainkan-semua-game.html Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando The Sims 4: City Living adalah pak ekspansi ketiga untuk The Sims 4