Skip to main content

Pengertian Visual Block Progamming dan Toolsnya


Visual Block Progamming
Visual Block Programming adalah Membuat aplikasi tanpa kode satupun. Mengapa disebut visual block programming ?, karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “block” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi  event handler tertentu dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program –coding less.

Dalam komputasi, sebuah bahasa pemrograman visual adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan pengguna membuat program dengan memanipulasi unsur-unsur program grafis bukan dengan menentukan mereka secara tekstual. Sebuah VPL memungkinkan pemrograman dengan ekspresi visual, pengaturan tata ruang dari teks dan simbol grafis, digunakan baik sebagai elemen sintaks atau notasi sekunder. Sebagai contoh, banyak VPLS (dikenal sebagai dataflow atau pemrograman diagram) didasarkan pada gagasan "kotak dan panah", di mana kotak atau benda layar lainnya diperlakukan sebagai entitas, dihubungkan dengan panah, garis atau busur yang mewakili hubungan.

Alice Software
Alice adalah bahasa pemrograman pendidikan berbasis objek freeware dengan lingkungan pengembangan terpadu (IDE). Alice menggunakan drag dan drop lingkungan untuk membuat animasi komputer menggunakan model 3D. Perangkat lunak ini dikembangkan pertama di University of Virginia, maka Carnegie Mellon (dari tahun 1997), oleh kelompok penelitian yang dipimpin oleh Randy Pausch.

Versi Alice Software
Aice Software terbaru yaitu Versi 3.2.5.0.0
Link Download Untuk 64bit 
http://www.alice.org/downloads/installers/Alice3_windows-x64_Offline_3_2_5_0_0.exe
Link Download Untuk 32bit
http://www.alice.org/downloads/installers/Alice3_windows_Offline_3_2_5_0_0.exe
Size 1.08 GB
  
Fungsi Alice
Alice dikembangkan untuk mengatasi lima masalah inti dalam program pendidikan
1.Alice dirancang semata-mata untuk mengajarkan teori pemrograman tanpa semantik kompleks bahasa produksi seperti C ++. Pengguna dapat menempatkan objek dari galeri Alice ke dalam dunia virtual yang mereka bayangkan, dan kemudian mereka dapat memprogram dengan menyeret dan menjatuhkan ubin yang mewakili struktur logis. Selain itu, pengguna dapat memanipulasi kamera Alice dan pencahayaan untuk membuat perangkat tambahan lebih lanjut. Alice dapat digunakan untuk antarmuka pengguna 3D.

2.Alice adalah siam dengan IDE-nya. Tidak ada sintaks untuk mengingat. Namun, mendukung pemrograman berbasis obyek penuh, model acara didorong pemrograman.

3.Alice dirancang untuk menarik subpopulasi tertentu biasanya tidak terkena pemrograman komputer, seperti siswa usia sekolah menengah, dengan mendorong bercerita. Alice juga digunakan di banyak perguruan tinggi dan universitas di Pengantar kursus Pemrograman.

4.Dalam studi terkontrol di Ithaca College dan Universitas Saint Joseph melihat siswa tanpa pengalaman pemrograman sebelumnya mengambil kursus ilmu komputer pertama mereka, nilai rata-rata meningkat dari C ke B, dan retensi meningkat dari 47% menjadi 88%.

5.Alice dirilis di bawah lisensi open-source yang memungkinkan redistribusi kode sumber, dengan atau tanpa modifikasi, untuk penggunaan non-komersial saja. 

Varian Alice
1.Animasi tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk program interaksi sosial antara karakter.
2.Sebuah tutorial berbasis cerita yang memperkenalkan pengguna untuk pemrograman melalui membangun sebuah cerita.
3.Sebuah galeri karakter 3D dan pemandangan dengan animasi yang dirancang untuk memicu ide cerita.

Tools
1.Alice
2.AgentSheets, mudah digunakan permainan authoring dan alat authoring ilmu komputer
3.App Inventor, alat untuk membuat aplikasi untuk Android Google, berdasarkan Blockly dan Kawa
4.Etoys scripting
5.Flowgorithm, menciptakan diagram alur eksekusi yang dapat dikonversi ke beberapa bahasa.
6.Hopscotch, bahasa pemrograman visual untuk perangkat touchscreen mobile (tersedia di iPad).
7.LARP, menciptakan diagram alur eksekusi, untuk platform Windows.
8.Open Roberta, Pemrograman online dari Fraunhofer IAIS dirancang untuk anak-anak
9.Raptor, menciptakan diagram alur eksekusi.
10.Scratch,, produk MIT dirancang untuk anak-anak di K-12 dan setelah program sekolah
11.Snap!, perpanjangan Scratch dengan prosedur kelas pertama dan daftar yang digunakan untuk mengajar oleh UC Berkeley (implementasi ulang berbasis browser BYOB (bahasa pemrograman))
12.Stagecast Creator, sebelumnya Apple Kakao: Authoring Internet untuk Anak
13.StarLogo, bahasa simulasi berbasis agen dikembangkan oleh Mitchel Resnick, Eric Klopfer, dan lain-lain di MIT Media Lab. Ini adalah perpanjangan dari bahasa pemrograman Logo, dialek Lisp.
14.ToonTalk, sistem pemrograman untuk anak-anak
15.Visual Logic, menciptakan diagram alur eksekusi.

Comments

Popular posts from this blog

How To Play Attack On Titan Wings of Freedom With Gamepad Or Joystick

How To Play Attack On Titan Wings of Freedom With Gamepad Or Joystick   Video youtube gamepad settings https://www.youtube.com/watch?v=C4u6OEdXqKw Cara Memainkan Attack On Titan Wings of Freedom Dengan Stick PS Joystick Gamepad   Just Copy  To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\ Attack On Titan Wings of Freedom Contoh  : F:\Games\ Attack On Titan Wings of Freedom Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Te xt and Video Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando Serangan di Titan (Jepang: 進 撃 の 巨人 Hepburn:...

How To Play LEGO Worlds With Gamepad Or Joystick

  How To Play LEGO Worlds With Gamepad Or Joystick Cara Memainkan LEGO Worlds Dengan Stick PS Joystick Gamepad Just Copy To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\LEGO Worlds Contoh  : F:\Games\LEGO Worlds Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Text and Video First Way/Cara Pertama https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-pertama-cara-memainkan-semua-game.html Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando   EXPLORE . MENEMUKAN. MEMBUAT. BERSAMA. Worlds LEGO ® adalah sebuah lingkungan terbuka Worlds prosedural yang dihasilkan seluruh...

Cara Kedua Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara kedua dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Perbedaan dari cara pertama yaitu pada settingan terdapat tambahan yang harus dilakukan. Cara kedua ini harus dilakukan ketika cara pertama gagal. Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Durazno v0.6-29 https://mega.nz/#!xgYBnIya!A6XafQKneIQ4mhCgwsvn6SuuY6sBxEixtvpTyBvOMPA Xbox360_64.exe https://mega.nz/#!885R2KDJ!z1yJyH03PStOQ4xJtNuyJDUZvbdstOskOEcsbPFd9rk Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs XOutput.v0.11.zip https://mega.nz/#!gtREDTSA!wIHO1JO4-bcWXUwAhGt69SWP-eR57z7NHRzgh8O3rxA Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Install Xbox360_64.exe...