Definisi Sistem
Sistem adalah koleksi dari objek-objek, seperti: manusia, sumber daya, konsep, dan prosedur yang diharapkan dapat:
- Membentuk fungsi yang dapat dikenali, atau
- Menyediakan maksud (tujuan) tertentu. Turban (2005)
Karaketeristik Sistem
Kinerja Sistem
Efektivitas, derajat yang mana suatu tujuan dapat dicapai (difokuskan pada hasil akhir). “Melakukan sesuatu yang tepat”
Efisiensi, ukuran penggunaan input (sumber daya) untuk mencapai output. “Melakukan sesuatu dengan tepat”
Definisi SPK
Suatu sistem yang ditujukan untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan
Sistem berbasis komputer yang interaktif untuk membantu pengambilan keputusan dengan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tidak teratur
Definisi Umum SPK
Sebuah sistem yang menyediakan kemampuan untuk penyelesaian masalah dan komunikasi untuk permasalahan yang bersifat semi-terstruktur.
Raymond McLeod, Jr. (1998):
Bentuk Keputusan
Keputusan Terstruktur (Structured Decision)
- Dilakukan secara berulang-ulang dan rutin
- Prosedur sudah jelas
- Dilakukan biasanya oleh manajemen tingkat bawah
Ex: pemesanan barang
Keputusan Semi Terstruktur (Semistructured Decision)
- Bisa ditangani oleh komputer dan pengambil keputusan
- Prosedur secara garis besar sudah ada, namun masih perlu kebijakan pengambil keputusan
- Dilakukan oleh manajemen tingkat menengah
Ex: penjadwalan produksi
Keputusan Tidak Tertsruktur (Unstructured Decision)
- Rumit karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi
- Menuntut pengalaman dari berbagai sumber yang bersifat eksternal
- Dilakukan oleh manajemen tingkat atas
Ex: merger dengan perusahaan lain
Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem komputer yang berisi 3 komponen interaksi, yaitu: sistem bahasa (mekanisme komunikasi antara pengguna dengan komponen lain dalam DSS), sistem pengetahuan (gudang pengetahuan dari domain permasalahan yang berupa data atau prosedur), dan sistem pemrosesan masalah (hubungan antara 2 komponen yang berisi 1 atau lebih kapabilitas dalam memanipulasi masalah yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan)”.
Bonczek, dkk. (1980):
Sistem pendukung keputusan adalah sekumpulan prosedur berbasis model untuk memproses data dan memberikan pertimbangan kepada seorang manajer dalam membuat keputusan”. Little (1970):
Memberikan definisi terhadap DSS dengan membandingkannya dengan electronics data processing (EDP). Alter (1980)
Sistem pendukung keputusan adalah sistem yang memiliki kemampuan dalam mendukung analisis data dan pemodelan keputusan dengan berorientasi pada perencanaan masa depan dan digunakan dalam jangka waktu yang tak tentu. Moore & Chang (1980)
Sistem pendukung keputusan diaplikasikan pada situasi dimana sistem dikembangkan hanya melalui proses adaptasi selama pembelajaran atau evolusi. Keen (1980)
Kenapa SPK
- Peningkatan kompetisi
- Kesulitan melacak jumlah operasi-operasi bisnis
- Kurangnya dukungan dalam rangka pengambilan keputusan
- Kebutuhan manajemen dalam rangka peningkatan efisiensi, profitabilitas serta mencari peluang untuk meperoleh pasar yang benar-benar menguntungkan
Decision Support Technologies
- Management Support Systems (MSS)
- Decision Support Systems (DSS)
- Group Support Systems (GSS)
- Enterprise (Executive) Information Systems (EIS)
- Enterprise Resource Planning (ERP) and Supply-Chain Management (SCM)
- Knowledge Management Systems
- Expert Systems (ES)
- Artificial Neural Networks (ANN)
- Hybrid Support Systems
- Intelligent DSS
Keuntungan SPK
Penghematan waktu untuk memecahkan masalah sangat kompleks dan tidak terstruktur
Menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan
Walaupun suatu SPK, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya
SPK dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil keputusan
Keterbatasan SPK
Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan
- Kemampuan suatu SPK terbatas pada pembendaharaan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar)
- Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya tergantung juga pada kemampuan perangkat lunak yang digunakannya
- SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia
Proses pembuatan keputusan
- Pemahaman dan perumusan masalah
- Identifikasi gejala yang muncul
- Cari penyebabnya/masalah utama
- Cari bagian-bagian yang perlu dipecahkan
- Pergunakan analisis sebab-akibat
- Pengumpulan dan analisis data yang relevan
- Menentukan data yang relevan
- Mengumpulkan data
- Mencari pola dari data yang terkumpul
- Pengembangan alternatif-alternatif
- Berdasarkan data, disusun beberapa alternatif
- Untuk setiap alternatif susun pro & kontra, konsekuensi, resiko
- Semua alternatif harus feasible
Evaluasi Alternatif-alternatif
- Nilai efektivitas dari setiap alternatif, tolok ukur
- Realistik bila dihubungkan dengan tujuan & sumber daya organisasi
- Seberapa jauh memecahkan masalah
- Pemilihan alternatif terbaik
- Berdasarkan alternatif, alternatif terbaik dipilih atau pilih kompromi dari beberapa alternatif
- Implementasi keputusan
- Susun rencana untuk menerapkan keputusan
- Disiapkan mekanisme laporan periodik
- Bila perlu bangun sistem peringatan dini
- Evaluasi hasil keputusan
Scope of Decision
- Perencanaan & Pengendalian Operasional :
- Dipusatkan pada efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tugas-tugas yg spesifik.
- Berpengaruh pada aktivitas yg sedang berlangsung
- Contoh: Apa yang sebaiknya diproduksi saat ini?
- Manajemen Pengendalian dan Perencanaan Taktis
- Focus on effective utilization of resources
- Dipusatkan pada pemanfaatan sumber daya efektif
- more longer range planning horizon
- Cakupan Perencanaan cakupan lebih panjang
- Contoh: Apa yang sebaiknya diproduksi tahun depan?
- Perencanaan Strategis
- Kebijakan Dan Gol jangka panjang untuk alokasi sumber daya
Contoh: Apa produksi baru yg harus ditawarkan?
Alat bantu Pengambilan keputusan
- Decision Tree
- Metode operation research
- Linear programming, queuing theory
- Network analysis (ie. CPM)
- Bantuan komputer
- Information System, Expert System, DSS, EIS
Decision Tree
Linear Programming
X = jumlah motor yg diproduksi
Y = jumlah mobil yg diproduksi
Profit = 800X + 1500Y
Batasan Biaya produksi:
1000X + 2000Y <= 200.000
Batasan jumlah motor : X >= 50
Berapa X & Y agar Profit maksimum ?
Sejarah DSS
Teori tentang pengambilan keputusan organisasi dikembangkan di Carnegie Institute of Technology (akhir tahun 1950an – awal tahun 1960an).
Implementasi DSS tersebut dalam bentuk sistem komputer interaktif dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (tahun 1960an)
Konsep DSS menjadi area riset (pertengahan 1970 – 1980an).
Dikembangkan executive information systems (EIS), group decision support systems (GDSS), dan organizational decision support systems (ODSS) untuk single user berbasis model (pertengahan 1980)
Dikembangkan data warehousing dan on-line analytical processing (OLAP) (awal tahun 1990).
Dikembangkan aplikasi analitik berbasis web (awal tahun 2000)
Comments