What Is Organization
Sekelompok orang yang bekerja bersama dalam suatu struktur yang terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh:
UKM
Habibie Center
PT Telkomsel
Proses Terbentuknya Organisasi
Ketidakterbatasan kebutuhan manusia
Keterbatasan kemampuan manusia
Terbentuk :
Spontan
Seksama dan pertimbangan secara matang
Manajemen Versus Organisasi
Organisasi: Statis, sebagai wadah
Manajemen: Dinamis, sebagai proses bagaimana mengelola sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan yang mungkin berbeda diantara para stakeholder (Pemilik, Karyawan, Konsumen, Kreditur, Suplier, Pemerintah, Asosiasi dsb)
Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan.
What Is Manager
Seseorang yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen
Seseorang yang merencanakam dan membuat keputusan , mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, finansial, fisik dan informasi.
Jenis Manager Berdasarkan Tingkatannya
Top Managers (Strategic Planning)
Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional . Contohnya: CEO, Presiden Direktur.
Middle Managers (Management Control)
Kelompok manajer yang paling banyak dalam organisasi, bertanggung jawab untuk mengubah rencana strategis menjadi sebuah tindakan konkrit untuk mencapai tujuan yang ditetapkan serta mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya. Contohnya: Wakil Dekan, Wakil Ketua)
Tingkatan Manajer
First-Line Managers (Operational Level)
Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan. Contoh: Supervisor, Kepala Seksi, Asisten Manager.
Jenis Manajer Berdasarkan Tingkatan & Bidang Tugas
Peran Manager Dalam Penggunaan Informasi
Managerial Skills
Technical
- Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilakasanakan dalam suatu organisasi
Interpersonal
- Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok
Conceptual
- Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian dalam organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
Diagnostic
- Keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai.
Communication
- Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kepada orang lain dan menerima ide dan informasi dari orang lain
Decision Making
- Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah tsb.
Time Management
Keahlian manajer utk memprioritaskan pekerjaan, mengendalikan waktu bekerja secara efisien, mendelegasikan pekerjaan secara tepat untuk situasi tertentu
Definisi Sistem
Sistem adalah kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contoh:
- Sistem Komputer
- Software
- Hardware
- Brainware
- Prosedur
Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari komponen manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedurkerja, serta memiliki data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan tertentu.
Gambaran Sistem Informasi
Contoh Sistem Informasi
- Sistem reservasi pesawat terbang
- Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
- Sistem biometrik
- Sistem POS (point-of-sale)
- Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card)
- Sistem layanan akademis berbasis web.
- E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet.
Kemampuan Sistem Informasi
- Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dengan kecepatan tinggi.
- Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antarorgansiasi yang murah, akurat, dan cepat.
- Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses.
- Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah.
- Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.
- Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusi
- Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
- Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
- Melaksanakan hal-hal di atas jauh lebih murah daripada kalau dikerjakan secara manual.
Kemampuan Sistem Informasi untuk Bisnis
- Peningkatan produktifitas
- Pengurangan biaya
- Peningkatan pengambilan keputusan
- Peningkatan layanan ke pelanggan
- Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru
Comments