Skip to main content

Pengenalan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan

Musim panas tahun 1956 sekelompok pakar komputer, pakar dan peneliti dari disiplin ilmu lain dari berbagai akademi, industri serta berbagai kalangan berkumpul di Dartmouth College untuk membahas potensi komputer dalam rangka menirukan atau mensimulasi kepandaian manusia.
Beberapa ilmuwan yang terlibat adalah Allen Newel, Herbert Simon, Marvin Miskey, Oliver Selfridge, dan John McCarthy
Menjelang akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, mulai dikembangkan secara penuh dan hasilnya secara berangsur-angsur mulai dipasarkan 

Revolusi Pengolahan Data oleh Komputer

Pengenalan Kecerdasan Buatan

  • Teknik yang membuat komputer mampu mengolah pengetahuan ini dinamakan teknik kecerdasan buatan (artificial intelligence technique).
  • Dengan pendekatan ini manusia mencoba membuat komputer dapat berpikir seperti cara yang dipakai manusia dalam memecahkan masalah.

Apakah Komputer Dapat Berpikir ?

Terdapat beberapa tingkat kecerdasan seperti yang diilustrasikan oleh gambar berikut 

Pengenalan Kecerdasan Buatan

Beberapa pertanyaan seputar Kecerdasan Buatan yang diterapkan pada komputer
  • Dengan diterapkannya Kecerdasan Buatan, apakah kemudian komputer menjadi lebih pintar?
  • Apakah benar, komputer sekarang mempunyai kecerdasan seperti yang dimiliki manusia dalam melaksanakan tugasnya?
  • Apabila kecepatan dan kemudahan serta peningkatan produktivitas kerja dan kemampuannya melakukan pekerjaan dengan baik sudah tercapai?
  • Apakah dengan demikian komputer itu sudah bisa dikatakan mempunyai tingkat kecerdasan tertentu?
  • Bagaimana kita bisa menyatakan bahwa komputer itu memiliki kecerdasan?
  • Kriteria apakah yang bisa digunakan untuk sampai pada kesimpulan itu?

Faktor Pendorong Perkembangan Kecerdasan Buatan
  • Pesatnya perkembangan teknologi perangkat keras, khususnya processor.
  • Pengembangan perangkat lunak Kecerdasan Buatan.
  • Perkembangan khusus komputer pribadi (Personal Computer / PC) dan komputer jinjing (Laptop).
  • Turut andilnya para investor dalam mendanai penelitian dan pengembangan teknologi Kecerdasan Buatan.

Quo Vadis Ai
  • Masalah utama Kecerdasan Buatan adalah sulitnya merumuskan dan memvisualisasi inteligensia itu sendiri, karena mempunyai arti yang banyak.
  • Hubert Dreyfus – ahli filsafat dari Universitas California di Berkeley – berpendapat bahwa masyarakat sekarang ini sedang dikacaukan oleh pengertian Kecerdasan Buatan yang mengira seolah-olah kegunaannya sangat berlebihan dan tidak mungkin bisa mencapai tujuan.
  • Dreyfus berkata: Kita tidak akan pernah bisa membuat suatu kaidah untuk semua cara kita berfikir, karena hal itu sangat kompleks.
  • Para peneliti yang ahli akan lebih bisa mendekati pada komputer pintar, tapi masih banyak masalah yang harus dijawab. Misalnya, bagaimana kita bisa mencerminkan keterampilan dalam menangani masalah manusia, kemampuan belajar, selera, imajinasi, emosi, kreativitas dan ‘rasa berani’. Untuk menjawab masalah-masalah tersebut di atas, para ahli kembali pada bidang yang berkaitan, seperti: filosofi, psikologi, linguistik dan sains syaraf (neuro science) dan tentu saja sains komputernya itu sendiri. Dengan demikian akan lahir bidang sains kognitif antar disiplin ilmu tersebut. 
  • Kita membuat komputer pintar bukan untuk menggantikan manusia tapi hanya sekedar untuk menjadi alat bantu manusia 


Soft Computing
Soft computing menjadi bagian formal dari ilmu komputer sejak awal tahun 1990an
Lotfi A. Zadeh (1992) melalui makalah yang disusunya ttg himpunan fuzzy, tahun 1973 ttg analisis proses-proses sistem kompleks dan keputusan, dan laporan th 1979 (makalah th 1981) ttg kemungkinan analisis teori fuzzy dan soft data.

Pengertian Soft Computing
Soft computing adalah koleksi dari beberapa metodologi yang bertujuan untuk mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan (imprecision), ketidakpastian (uncertainity), kebenaran parsial (partial truth), dan pendekatan untuk mencapai tractability, ketahanan (robustness) dan biaya penyelesaian murah. (Lotfi A. Zadeh, 1992)
Soft computing merupakan inovasi baru dalam membangun sistem cerdas. Sistem cerdas ini merupakan sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan.

Komponen Soft Computing
  • SC dapat dipandang sebagai suatu komponen dasar untuk medan kemunculan konsepsi kecerdasan:

Sistem Fuzzy (Fuzzy System / FS)
Jaringan Syaraf (Neural Networks / NN)
Penalaran Probabilistik (Probabilistic Reasoning / PR)
Evolutionary Computing (EC)
Machine Learning (ML)
  • FS mengakomodasi ketidaktepatan (imprecision), 
  • PR mengakomodasi ketidakpastian (uncertainity), 
  • NN menggunakan pembelajaran untuk meminimalisir kebenaran parsial (partial truth) dan perkiraan untuk mencapai tractability, 
  • EC untuk mencapai optimasi dalam rangka ketahanan (robustness) dan biaya penyelesaian murah
  • Ke-4 unsur dalam SC (FS, PR, NN, EC) bukan merupakan kompetisi melainkan saling melengkapi. Bahkan dalam kenyataanya, keempatnya digunakan secara sinergis daripada digunakan dikerjakan secara sendiri.
  • Pekerjaan dari teknik-teknik SC mendorong ke arah sistem-sistem yang memiliki MIQ (Machine Intelligence Quotient) tinggi. Dalam ukuran besar, ini adalah MIQ tinggi dari sistem yang mendasarkan pada SC (SC-based system) yang meliputi pertumbuhan cepat dalam jumlah dan macam aplikasi-aplikasi soft computing

Hubungan dan Perbandingan Antar Komponen SC

Pengenalan Kecerdasan Buatan

Pengenalan Kecerdasan Buatan


Karakteristik SC
  • Memerlukan keahlian manusia, apabila direpresentasikan dalam bentuk aturan (if_then)
  • Model komputasinya diilhami oleh proses biologis
  • Merupakan teknik optimasi baru
  • Menggunakan komputasi numeris
  • Memiliki toleransi kegagalan (meskipun kualitasnya berangsur-angsur memburuk)
Daftar Pustaka
Louis E. Frenzel, Jr., Crash Course in Artificial Intelligence and Expert System, Howard W. Sams & Co., Indianapolis, USA.
Rich, Elaine and Knight, Kevin. 1991.  Artificial Intelligence. Mc-Graw Hill Book Co. New York.
Michalewicz, Zbigniew. 1996. Genetic Algorithms + Data Structures = Evolution Programs. Springler Verlag.
Suparman, Mengenal Artificial Intelligence, Penerbit Andi Offset Yogyakarta, Edisi pertama, 1991.
Sandi Setiawan, Artificial Intelligence, Penerbit Andi Offset Yogyakarta, Edisi pertama, 1993.
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence, Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uung Ungkawa, Bahasa Pemrograman Logika Turbo Prolog, Penerbit Andi Offset Yogyakarta, Edisi pertama 1992.
Tjendry Harianto, Bahasa Turbo Prolog, Penerbit Andi Offset Yogyakarta, Edisi pertama 1992.
Tavri Deviyan, Pemrograman Deklaratif dengan Turbo Prolog 2.0, Elex-Media Komputindo, Jakarta.
Prolog Tutorial by A. Aaby, http://cs.wwc.edu/KU/PR/Prolog.html

Comments

Popular posts from this blog

Cara Pertama Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara pertama dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Dan beberapa game ada yang tidak bisa dengan cara pertama dan saya buat cara kedua silahkan dibaca disini . Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Buka Pangeran versi 1.rar ( 64 bit) atau versi 2.rar (32 bit) Copy ke installasi folder yang terdapat exe untuk menajalankan game copy semua disitu. Saya mencontohkan pada gambar yaitu untuk menjalankan game HMA.exe. Contoh Direktori Game F:\Games\Nama Folder Game\Game.exe Gambar 2 Penjelasan Gambar 2 Jalankan x360ce

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick Cara Memainkan The Sims 4 City Living Dengan Stick PS Joystick Gamepad Just Copy To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\The Sims 4 City Living Contoh  : F:\Games\The Sims 4 City Living Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Text and Video First Way/Cara Pertama https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-pertama-cara-memainkan-semua-game.html Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando The Sims 4: City Living adalah pak ekspansi ketiga untuk The Sims 4

Cara Kedua Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara kedua dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Perbedaan dari cara pertama yaitu pada settingan terdapat tambahan yang harus dilakukan. Cara kedua ini harus dilakukan ketika cara pertama gagal. Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Durazno v0.6-29 https://mega.nz/#!xgYBnIya!A6XafQKneIQ4mhCgwsvn6SuuY6sBxEixtvpTyBvOMPA Xbox360_64.exe https://mega.nz/#!885R2KDJ!z1yJyH03PStOQ4xJtNuyJDUZvbdstOskOEcsbPFd9rk Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs XOutput.v0.11.zip https://mega.nz/#!gtREDTSA!wIHO1JO4-bcWXUwAhGt69SWP-eR57z7NHRzgh8O3rxA Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Install Xbox360_64.exe