Skip to main content

Pengertian Kepemimpinan


Kepemimpinan
Adalah suatu proses mempengaruhi orang lain.
Kepemimpinan adalah bekerja dengan orang lain untuk merealisasikan sasaran-sasaran mereka dan Perusahaan.

Pemimpin : Sukses Vs. Efektif
Pemimpin yang sukses:
Mendapat hasil sebagai tujuan akhir. Dia terfokus pada apakah suatu pekerjaan terselesaikan dengan baik dan memenuhi sasaran yang diharapkan.
Pemimpin yang Efektif :
Mendapat hasil sepanjang waktu. Efektifitas berkaitan dengan sikap, komitmen dan perasaan.

Hal yang paling penting bagi seorang pemimpin adalah bukan apa yang terjadi ketika Anda ada, tetapi apa yang terjadi disaat Anda tidak ada

Keyakinan Dan Nilai
Manusia pasti dapat dan mau berkembang
Kepemimpinan adalah suatu kemitraan
Orang tumbuh karena adanya keterlibatan dan komunikasi 

Kepemimpinan Situasional bukan sesuatu yang Anda lakukan kepada orang lain, tetapi sesuatu yang Anda lakukan bersama orang lain.

Tiga Kemampuan Kemimpinan Situasional
  • Diagnosis
  • Fleksibilitas
  • Kesepakatan Tentang Gaya Kepemimpinan

Tidak ada gaya kepemimpinan yang paling baik. semua Tergantung

Empat Fungsi Kepemimpinan
Planning & Goal Setting
Memperjelas hasil yang ingin dicapai dan menentukan bagaimana cara mencapainya.
Feedback
Mengawasi, memonitor dan mencatat kinerja agar setiap orang tahu seberapa baik mereka melakukan tugasnya.
Problem Solving
Mengidentifikasi masalah, mengembangkan alternatif-alternatif dan mengevaluasi pilihan-pilihan yang ada.
Recognition
Memperkuat kinerja yang diinginkan dan memberi pengakuan atas peningkatan atau kemajuan yang dicapai.

Jika Manager Menerapkan Situational Leadership Maka Bagian Staf Officer Akan
  • Merasa tidak banyak ketegangan dalam perusahaan
  • Melihat managernya berorientasi pada perubahan dan mampu menerima ide dan inovasi baru
  • Menerima bahwa managernya tertarik pada pertumbuhan dan perkembangan SO.
  • Menerima bahwa managernya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan
  • Memiliki moral yang lebih tinggi
  • Merasa memiliki kepercayaan untuk mengambil keputusan 

Dan Manager Akan
  • Lebih fleksibel dan dapat beradaptasi.
  • Libih merasa nyaman dalam menggunakan berbagai variasi dalam gaya kepemimpinan.
  • Lebih bijaksana dalam menentukan kapan dan gaya mana yang harus diterapkan.
  • Lebih memiliki kemampuan dalam memberikan tugas, pujian dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam memecahkan masalah, pendelegasian tugas, pengaturan sasaran, pengamatan dan memonitor penampilan dan memberikan masukan.

Empat Tingkat Perkembangan

VARIABEL-VARIABEL YG HARUS DIPERHATIKAN

VARIABEL PADA PERUSAHAAN
  • Budaya Perusahaan.
  • Tingkat Kemapanan atau Perubahan.
  • Harapan Atasan atau Rekan Kerja.
  • Performa (Kinerja) Saat ini.

VARIABEL TUJUAN/SASARAN
  • Waktu.
  • Keseriusan/Seberapa Penting.
  • Tingkat Kerumitan.
  • Keunikan.

VARIABEL PEMIMPIN
  • Daya Saing.
  • Komitmen.
  • Keinginan Pribadi.

VARIABEL SALES OFFICER
  • Daya Saing
  • Komitmen
  • Keinginan Pribadi

KEBUTUHAN STAF OFFICER D1
  • Pengakuan akan antusiasme dan ketrampilan yang dimiliki
  • Tujuan yang Jelas
  • Standardisasi Pekerjaan
  • Informasi Mengenai Bagaimana Data Tentang Performa Kerja Akan Dinilai dan Dikumpulkan
  • Peraturan Tidak Tertulis Mengenai “Bagaimana Cara Kerja di Lingkungan Ini”
  • Informasi Mengenai Tugas dan Susunan Perusahaan
  • Training
  • Rencana Kerja – Panduan Tentang Bagaimana, Kapan dan Dengan Siapa
  • Batas Waktu
  • Prioritas
  • Batas Kewenangan dan Tanggung Jawab
  • Feedback Terhadap Hasil yang Dicapai

KEBUTUHAN STAF OFFICER D2
  • Tujuan yang Jelas
  • Pandangan
  • Feedback Terhadap Hasil
  • Pujian Pada saat Sukses
  • Jaminan Bahwa Tidak Apa-apa Untuk Melakukan Kesalahan
  • Penjelasan Untuk Pertanyaan Mengapa
  • Kesempatan Untuk Mendiskusikan Masalah Atau Kekhawatiran yang Ada
  • Keterlibatan Dalam Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah
  • Dorongan

KEBUTUHAN STAF OFFICER D3
  • Seorang Mentor atau Pelatih yang Mudah Didekati
  • Kesempatan untuk Mendiskusikan Masalah atau Kekawatiran yang Ada
  • Dukungan dan Dorongan untuk Mengembangkan Kemampuan Memecahkan Masalah
  • Membantu Menganalisa Ketrampilan Secara Obyektif Sehingga Membangun Rasa Percaya Diri
  • Pujian dan Pengakuan Untuk Kompetensi dan Performa yang Tinggi
  • Menghilangkan Hambatan-hambatan dalam Pencapaian Tujuan

KEBUTUHAN STAF OFFICER D4
  • Variasi dan Tantangan
  • Pemimpin yang Mengarah Kepada Seorang Mentor dan Teman Dari Sekadar Pemimpin
  • Pengakuan akan Kontribusi yang Diberikan
  • Kepercayaan

Dua Dimensi Model Kepemimpinan Situsional

Perilaku Memberi Pengarahan Meliputi:
  • Menetapkan sasaran dan tujuan
  • Perencanaan dan perumusan tugas
  • Mengidentifikasi prioritas kerja
  • Menjelaskan peranan
  • Menentukan batas waktu
  • Menentukan metode evaluasi dan memeriksa hasil kerja
  • Mangajarkan Standar Operasional untuk mengerjakan tugas khusus
  • Mengamati perkembangan

Menyediakan Apa dan Bagaiman adalah dua perilaku memberi pengarahan yang paling penting

Empat Kata Kunci Untuk Perilaku

Memberi  Pengarahan:
  • Membuat Struktur (Tatanan)
  • Mengatur (Perusahaan)
  • Mengajari (SDM)
  • Mengarahkan (Mensupervisi)
Perilaku Memberikan Dorongan (Supportive Behavior)
Dapat Diidentifikasi Ketika Seorang Pemimpin:
  • Mengunakan lebih banyak ‘two way communication’
  • Mendengarkan dan memberi dukungan serta dorongan
  • Turut serta dengan SO dalam pengambilan keputusan
  • Melibatkan SO dalam proses pengambilan keputusan
  • Mendukung dan memberikan fasilitas dalam memecahkan masalah secara mandiri


Perilaku Dukungan Meliputi
  • Memberikan dorongan, meyakinkan dan memberikan pujian kepada pegawai sebagai tanda penghargaan atau penegasan
  • Mendengarkan masalah pegawai (baik yang berhubungan dengan persoalan kerja/pribadi)
  • Melibatkan pegawai dalam pengambilan keputusan dengan menanyakan saran atau masukan
  • Menjelaskan mengapa
  • Mendorong untuk memecahkan masalah secara mandiri
  • Memberikan informasi mengenai pencapaian perusahaan
  • Menyebarkan informasi mengenai diri SO
  • Mendorong kerja sama team

Mendengarkan dan Mendorong untuk memecahkan masalah adalah dua perilaku memberi dukungan yang paling penting

Empat Kata Kunci untuk Perilaku Memberi Dukungan
  • Mendorong
  • Mendengarkan
  • Bertanya
  • Menjelaskan

Comments

Popular posts from this blog

How To Play Attack On Titan Wings of Freedom With Gamepad Or Joystick

How To Play Attack On Titan Wings of Freedom With Gamepad Or Joystick   Video youtube gamepad settings https://www.youtube.com/watch?v=C4u6OEdXqKw Cara Memainkan Attack On Titan Wings of Freedom Dengan Stick PS Joystick Gamepad   Just Copy  To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\ Attack On Titan Wings of Freedom Contoh  : F:\Games\ Attack On Titan Wings of Freedom Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Te xt and Video Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando Serangan di Titan (Jepang: 進 撃 の 巨人 Hepburn:...

How To Play LEGO Worlds With Gamepad Or Joystick

  How To Play LEGO Worlds With Gamepad Or Joystick Cara Memainkan LEGO Worlds Dengan Stick PS Joystick Gamepad Just Copy To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\LEGO Worlds Contoh  : F:\Games\LEGO Worlds Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Text and Video First Way/Cara Pertama https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-pertama-cara-memainkan-semua-game.html Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando   EXPLORE . MENEMUKAN. MEMBUAT. BERSAMA. Worlds LEGO ® adalah sebuah lingkungan terbuka Worlds prosedural yang dihasilkan seluruh...

Cara Kedua Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara kedua dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Perbedaan dari cara pertama yaitu pada settingan terdapat tambahan yang harus dilakukan. Cara kedua ini harus dilakukan ketika cara pertama gagal. Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Durazno v0.6-29 https://mega.nz/#!xgYBnIya!A6XafQKneIQ4mhCgwsvn6SuuY6sBxEixtvpTyBvOMPA Xbox360_64.exe https://mega.nz/#!885R2KDJ!z1yJyH03PStOQ4xJtNuyJDUZvbdstOskOEcsbPFd9rk Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs XOutput.v0.11.zip https://mega.nz/#!gtREDTSA!wIHO1JO4-bcWXUwAhGt69SWP-eR57z7NHRzgh8O3rxA Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Install Xbox360_64.exe...