Skip to main content

Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan
Dukungan untuk para pengambil keputusan, dalam situasi semiterstruktur atau terstruktur yang dilakukan secara bersama-sama antara keputusan dari pengambil keputusan dengan informasi terkomputerisasi. 

SPK
  • Dukungan untuk semua level menejerial, mulai dari eksekutif tingkat atas sampai kelas manajer 
  • Dukungan untuk semua individu dalam kelompok 
  • Keputusan dapat diambil sekali, beberapa kali atau berulang  
  • Mendukung dalam semua tahap proses pengambilan keputusan 
  • Mendukung dalam beberapa model pengambilan keputusan 
  • Bersifat adaptif dan fleksibel 
  • Mudah dan nyaman digunakan 
  • Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan 
  • Dikendalikan sepenuhnya oleh pengambil keputusan selama proses penyelesaian masalah 
  • Sistem dapat dikembangkan dengan mudah 
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisis situasi pengambilan keputusan 
  • Memiliki kemampuan untuk mengakses data dari berbagai sumber, berbagai format, tipe, dll. 
  • Dapat digunakan sebagai perangkat yang bersifat standalone, terintegrasi atau berbasis web 
Kategori SPK
Turban (2005) mengkategorikan model sistem pendukung keputusan dalam tujuh model, yaitu:
  • Model optimasi untuk masalah-masalah dengan alternatif-alternatif dalam jumlah relatif kecil.
  • Model optimasi dengan algoritma.
  • Model optimasi dengan formula analitik.
  • Model simulasi.
  • Model heuristik.
  • Model prediktif.
  • Model-model yang lainnya.

Model optimasi untuk masalah-masalah dengan alternatif-alternatif dalam jumlah relatif kecil.
Model ini akan melakukan pencarian terhadap solusi terbaik dari sejumlah alternatif. 
Teknik-teknik untuk penyelesaian masalah ini antara lain dengan menggunakan tabel keputusan atau pohon keputusan. 

Model optimasi dengan algoritma. 
Model ini akan melakukan pencarian terhadap solusi terbaik dari banyak alternatif. 
Proses pencarian dilakukan tahap demi tahap. 
Teknik-teknik untuk penyelesaian masalah ini antara lain dengan menggunakan linear programming atau model matematika yang lainnya, atau menggunakan model jaringan. 

Model optimasi dengan formula analitik. 
Model ini akan melakukan pencarian terhadap solusi hanya dengan satu langkah melalui rumus tertentu. 
Model seperti ini banyak dijumpai pada masalah-masalah inventory. 

Model simulasi. 
Model ini akan melakukan pencarian terhadap solusi cukup baik atau solusi terbaik pada beberapa alternatif yang akan diuji dalam penelitian. 
Model ini lebih banyak digunakan untuk beberapa tipe simulasi. 

Model heuristik. 
Model ini akan melakukan pencarian terhadap solusi yang cukup baik melalui serangkaian aturan (rules). 
Model ini lebih banyak direpresentasikan dengan menggunakan pemrograman heuristik atau sistem pakar 

Model prediktif. 
Model ini akan melakukan prediksi untuk masa depan apabila diberikan skenario tertentu. 
Model ini lebih banyak direpresentasikan dengan menggunakan model peramalan (forecasting) atau analisis Makov 

Model-model yang lainnya. 
Model ini akan menyelesaikan kasus what-if menggunakan formula tertentu. 
Model ini lebih banyak digunakan pada pemodelan keuangan atau konsep antrian. 

Haag, dkk (2000)
Manajemen data (internal atau eksternal)
Manajemen model (merepresentasikan kejadian, fakta, atau situasi)
Manajemen antarmuka (menghubungkan antara pengguna dan sistem)

Power (2002)
Antarmuka
Basisdata (internal atau eksternal)
Model & peralatan analisis (algoritma untuk membuat keputusan berdasarkan informasi pada basisdata yang direpresentasikan dalam bentuk tabel atau graf)
Arsitektur DSS dan jaringan.

Hättenschwiler (1999)
User dengan perbedaan hak akses & fungsi dalam pengambilan keputusan
Konteks keputusan
Target sistem yang menggambarkan keutamaan preferensi
Basis pengetahuan (sumber data eksternal, basisdata pengetahuan, data warehouses dan meta-databases, metode & model matematis, prosedur, inferensi, program administratif, dan sistem pelaporan
Lingkungan kerja untuk persiapan, analisis, dan dokumentasi alternatif. 

Marakas (1999)
  • Sistem manajemen data 
  • Sistem manajemen model 
  • Knowledge engine
  • Antarmuka
  • Pengguna

Holsapple dan Whinston (1996)
  • Text-oriented DSS, 
  • Database-oriented DSS, 
  • Spreadsheet-oriented DSS, 
  • Solver-oriented DSS, 
  • Rule-oriented DSS, dan 
  • Compound DSS. 

Haag (2004)
  • Manajemen Model
  • Manajemen Data
  • Manajemen antarmuka

Turban, dkk (2005)
  • Manajemen data 
  • Manajemen model 
  • Model-model eksternal 
  • Subsistem berbasis pengetahuan 
  • Antarmuka pengguna 

Subsistem Manajemen Data (DMS)
  • Subsistem manajemen data, terdiri-atas basisdata yang berisi data-data yang terkait dengan permasalahan yang akan diselesaikan. 

Elemen-elemen pada subsistem manajemen data
  • DSS database
  • Database Management System
  • Data dictionary
  • Query facility

Subsistem Manajemen Model (MMS)
  • Subsistem manajemen model, merupakan paket perangkat lunak yang berisi statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya yang mampu memberikan kapabilitas analitik bagi sistem.

Subsistem User Interface
  • Subsistem antarmuka, yang digunakan oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. 
  • Untuk sistem berbasis web, web browser digunakan untuk keperluan tersebut.

Subsistem manajemen berbasis pengetahuan
  • Subsistem manajemen berbasis pengetahuan, yang digunakan untuk mendukung subsistem-subsistem yang lainnya. 
  • Beberapa metode dalam kecerdasan buatan dapat digunakan untuk keperluan tersebut.

Kapabilitas DSS
Secara umum, DSS harus memiliki kemampuan untuk:
  • Digunakan dengan mudah
  • Mengakses berbagai sumber, tipe dan format data untuk berbagai permasalahan
  • Mengakses berbagai kemampuan analisis dengan beberapa saran dan panduan.

Kemampuan Antarmuka
  • Berbagai format dan peralatan output
  • Berbagai peralatan input dari pengguna
  • Berbagai gaya dialog
  • Mendukung komunikasi antar pengguna dan pengembang
  • Mendukung pengetahuan dari penguna
  • Tersedia dialog untuk capture, penyimpanan dan analisis
  • Dukungan dialog yang fleksibel & adaptif.

Kemampuan Data
  • Data dengan berbagai tipe & format
  • Ekstraksi, capture dan integrasi
  • Fungsi akses data
  • Fungsi manajemen basisdata
  • Tersedianya berbagai cara pandang data secara logis
  • Dokumentasi data
  • Melakukan tracking terhadap penggunaan data
  • Mendukung fleksibilitas dan adaptasi data

Kemampuan Model
  • Kepustakaan model terkait aturan basis model
  • Fasilitas pembangun model
  • Manipulasi model
  • Fungsi manajemen basis model
  • Dokumentasi model
  • Tracking penggunaan model
  • Dukungan terhadap fleksibilitas & adaptasi model

Comments

Popular posts from this blog

Cara Pertama Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara pertama dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Dan beberapa game ada yang tidak bisa dengan cara pertama dan saya buat cara kedua silahkan dibaca disini . Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Buka Pangeran versi 1.rar ( 64 bit) atau versi 2.rar (32 bit) Copy ke installasi folder yang terdapat exe untuk menajalankan game copy semua disitu. Saya mencontohkan pada gambar yaitu untuk menjalankan game HMA.exe. Contoh Direktori Game F:\Games\Nama Folder Game\Game.exe Gambar 2 Penjelasan Gambar 2 Jalankan x360ce

Cara Kedua Memainkan Semua Game PC Dengan Gamepad atau Joystick

For English Language click here Cara bermain semua game menggunakan gamepad atau stick atau joystick. Ini merupakan cara kedua dan paling berhasil untuk bermain game dengan stick atau gamepad atau joystick. Perbedaan dari cara pertama yaitu pada settingan terdapat tambahan yang harus dilakukan. Cara kedua ini harus dilakukan ketika cara pertama gagal. Gamepad : Semua jenis stick bisa asalkan bisa dicolokin ke laptop berarti bisa digunakan. Unduh Setelan Gamepad : Durazno v0.6-29 https://mega.nz/#!xgYBnIya!A6XafQKneIQ4mhCgwsvn6SuuY6sBxEixtvpTyBvOMPA Xbox360_64.exe https://mega.nz/#!885R2KDJ!z1yJyH03PStOQ4xJtNuyJDUZvbdstOskOEcsbPFd9rk Pangeran Versi 1 https://mega.nz/#!sxI1gbAY!nSyJMNzwTjk_diJ87byZScfpPAFfdtJRi1s9WJ7I1eE Pangeran Versi 2 https://mega.nz/#!Np4mzRyA!NHgvlQUL7Z6gMEzoyqjRbmpz0Zv1E5UDbZ7PcOVpkBs XOutput.v0.11.zip https://mega.nz/#!gtREDTSA!wIHO1JO4-bcWXUwAhGt69SWP-eR57z7NHRzgh8O3rxA Gambar 1 Penjelasan Gambar 1 Install Xbox360_64.exe

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick

How To Play The Sims 4 City Living With Gamepad Or Joystick Cara Memainkan The Sims 4 City Living Dengan Stick PS Joystick Gamepad Just Copy To Installation Folder Copy di installasi folder game Example : F:\Games\The Sims 4 City Living Contoh  : F:\Games\The Sims 4 City Living Use the first way in advance because the average mostly work in the first way, if it does not work both ways alternative wear. Gunakan Cara pertama terlebih dahlu karena rata rata kebanyakan work di cara pertama, jika tidak work alternatif pakai cara kedua. Tutorial Text and Video First Way/Cara Pertama https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-pertama-cara-memainkan-semua-game.html Second Way/Cara Kedua https://grizenzio.blogspot.com/2017/03/cara-kedua-cara-memainkan-semua-game-pc.html Many video tutorial gamepad settings for all games https://www.youtube.com/c/GrizenzioOrchivillando The Sims 4: City Living adalah pak ekspansi ketiga untuk The Sims 4