Interaksi manusia dan komputer atau Human Computer Interaction adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Jadi IMK sangat diperlukan,karena dapat mempermudah kita sebagai manusia dalam mengoperasikan / berinteraksi dengan komputer.
Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer
1.Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai feedback yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
2. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang
dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
3. Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan.
4. Membuat sistem yang lebih Berguna (usable) Aman, Produktif, Efektif, Efisien, Fungsional.
5. Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer.
Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). 
Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. 
Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
IMK Memiliki 3 karakteristik, yaitu Useful, Usable, dan Used. 
1. Useful memiliki ciri yaitu produk tersebut harus berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2. Usable memiliki ciri yaitu software/device tersebut dapat dipelajari dengan cepat oleh user dan cara mengaplikasikannnya pun mudah/tidak terlalu rumit.
3. Used memiliki ciri yaitu desain yang menarik untuk dilihat, desain software yang digunakan pun tidak asal-asalan tapi juga sesuai dengan kebutuhan dan juga berdasarkan ilmu pengetahuan.
HCI di masa lalu memiliki beberapa karakteristik, yaitu berpusat pada fungsi/proses (function process centered), tidak banyak menggunakan grafis, dan berkembangnya pada segi hardware. Sedangkan karakteristik HCI pada masa sekarang adalah berpusat pada pengguna (user centerd), banyak menggunakan grafis, perkembangannya dari segi hardware mau pun software, dan teknologinya ditujukan pada natural feel dan motion capture touch screen.
HCI di masa mendatang, yaitu sebagai berikut :
1. Holografi merupakan teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam.
2. Biometric  merupakan sebuah ilmu untuk mengukur karakteristik tubuh perorangan. Alat keamanan biometric mengidentifikasi seseorang melalui sidik jari, karakteristik tangan, mata atau wajah, intonasi suara dan ciri-ciri biologis lainnya.
3. Virtual Reality  adalah program informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory, yang digenerate melalui komputer yang men-track pengguna secara real time.
Elemen Utama Interaksi Manusia dan Komputer 
1.Manusia
2.Komputer
3.Interaksi
4.Aktivitas
5.Lingkungan Kerja
Siapa yang Terlibat Dalam IMK
1. Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user,kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2. Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
3. Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4. Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
5. Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6. Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
7. Technical writing agar mampu membuat manual.
Konsep Dasar IMK
1. Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan
2. Untuk membantu dari Segi keindahan
Dari konsep dasar IMK tersebut tentu akan menghasilkan sebuah Tujuan antara lain:
-Menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable)
-Memiliki manfaat (Useful)
-Ramah terhadap pengguna (User Friendly)

Comments